Panduan Email
- Sebelum menggunakan email, pastikan alamat email sudah muncul dihalaman utama ketika login, jika belum anda mungkin belum melakukan aktifasi, yang harus dilakukan adalah aktifasi email widyatama dengan mengklik kata “Email Utama belum aktif, klik disini”.
- Anda akan dikirim ke halaman setting, Untuk mahasiswa cara aktifasi email melalui aktifasi portal dengan memilih username yang dibuat oleh system seperti dibawah ini. Pilih salah satu untuk digunakan sebagai alamat emailnya.
- Setelah mendapatkan username dan password email tunggu selama 2 X 24 JAM , setelah itu login di portal email widyatama di http://email.widyatama.ac.id
- Setelah berhasil masuk maka akan muncul pemberitahuan dari google, klik terima untuk melanjutkan menggunakan email.
- Setelah klik tombol terima anda masuk ke email dan email dapat digunakan.
Menggunakan Email
Menggunakan email widyatama pada umumnya sama dengan menggunakan email gmail yang dimiliki google karena Universitas Widyatama menggunakan aplikasi dari google.
- Mengirim Email
- Untuk mengirim pesan pertama-tama pilih tombol compose yang ada disebelah kiri.
- Lalu akan muncul kotak untuk membuat pesan, isi pesan yang ingin dibuat
To / Penerima : Isi dengan alamat email tujuan
Subject: Isi dengan judul email anda, misal anda ingin mengirim email tugas, isi judulnya
Isi Email: Silahkan anda isi (ketik)isi email anda pada kotak ruang kosong dibawah subject.
Setelah semua selesa di isi klik tombol send.
Mengirim Email beserta data file
Jika email yang anda kirim ingin menyertakan data berupa file , file tugas, lamaran pekerjaan, dokumen ms office, gambar, foto atau data file lainnya, silahkan tekan tombol gambar penitih, seperti yang ditunjuk panah biru pada gambar dibawah.
Anda akan diminta untuk memilih file dari komputer anda yang ingin anda kirimkan beserta email anda, silahkan anda pilih data file yang anda maksud. tunggu proses upload sampai selesai.
Jika data email yang anda kirimkan sudah benar, kemudian tekan tombol Kirim, untuk mengirimkan email anda. Sampai tahap tersebut berarti anda sudah berhasil mengirim email menggunakan gmail.
Mengganti Password Email
Perlu diingat password email dan password portal saling terhubung satu sama lain, yang berati jika merubah password portal maka password email akan ikut berubah, begitu juga sebaliknya. Untuk mengganti password ada 2 cara yang dapat digunakan
- Mengganti password dari Portal Mahasiswa
Mahasiswa dapat mengganti password email dengan mengganti password portal yaitu dengan cara:
- Login ke portal mahasiswa
- Masuk ke menu Setting profile dengan mengklik foto yang ada disebelah ujung kanan atas lalu klik profile
- Lalu pilih menu Password
- Isi password lama dan password baru pada update password, lalu klik submit update untuk mengganti password email dan portal.
Catatan :Jika anda ingin menyamakan password email dengan blog, klik tombol sinkronisasi password setelah mengganti password.