Cara Menggunakan Google Classroom untuk Dosen dengan Email Widyatama

1. Untuk dapat menggunakan google classroom dengan email widyatama, anda harus mengirimkan request ke ITC dengan mengirimkan pesan WA atau email, lalu tunggu hingga request di selesai.

2. Jika sudah login ke dalam email widyatama. 

3. Buka laman classroom.google.com. Pada bagian atas halaman kelas, klik menu “Buat Kelas” Masukkan Nama Kelas. Dosen dapat menambahkan deskripsi singkat seperti nama pelajaran dan tingkatan kelas Terakhir, klik “Buat”. Kelas akan secara otomatis membuat kode kelas yang bisa digunakan untuk mengundang mahasiswa masuk ke dalam kelas.

4. Dosen bisa mengundang mahasiswa ke kelas melalui email undangan atau membagikan kode kelas.

5.  Setelah kelas dibuat, dosen bisa menyiapkan penilaian dan kategori nilai. Ada dua sistem penilaian “Total Poin” atau “Berdasarkan Kategori”, dan nilai akan dihitung secara otomatis untuk dosen.

6. Jika Dosen memilih untuk tidak menggunakan sistem penilaian, pilih “Tidak Ada Nilai Keseluruhan,” dan nilai tidak akan dihitung. Dengan kategori nilai, dosen dapat mengatur pekerjaan kelas (esai, pekerjaan rumah, dan tes, misalnya).

Jika dosen memilih untuk tidak menetapkan sistem penilaian, dosen masih dapat menggunakan Ruang Kelas untuk berbagi materi dan melibatkan siswa dalam pelajaran.

5. Membuat tugas Ada fitur membuat tugas dan atur materi pelajaran berdasarkan topik. Dosen dapat mengunggah tugas ke beberapa kelas dan untuk masing-masing siswa. Dosen dapat memberikan komentar tentang tugas yang dikerjakan siswa. Dosen juga dapat menambahkan Pertanyaan pada halaman Pekerjaan sebagai cara cepat dan mudah untuk hadir, terutama saat kelas virtual.

6. Membuat kelas online Dosen bisa membuat kelas online sehingga siswa tetap merasa terlibat dan dengan kelasnya. Kelas online ini menggunakan video conference Google Meet langsung dari Classroom.

Comments are closed.