- Pertama download dan install aplikasi Google Backup & Sync.
- Setelah itu anda ikuti Wizard nya, diawali dengan klik get started, lalu login ke akun email widyatama anda.
- Setelah mengisi alamat email, anda akan masuk ke halaman login email widyatama, isi username dan password akun email widyatama.
- Jika terjadi error ketika login klik sign in with your browser instead
- Lalu browser akan terbuka dan halaman login email widyatama akan muncul, isi username dan password email widyatama anda.
- Akan muncul authentication dari google, pilih allow untuk melanjutkan
- Setelah berhasil akan muncul halaman seperti dibawah ini.
- Tutup halaman dan kembali ke aplikasi backup and sync. Jika aplikasi tidak muncul periksa aplikasi yang berjalan pada taskbar pilih icon awan seperti gambar dibawah ini.
- Setelah masuk ke aplikasi, pilih folder mana saja yang ingin kamu backup otomatis ke Google Drive. Tambahkan folder melalui fitur Choose Folder.
- Atur apakah foto dan video akan terupload dengan kualitas aslinya (Original quality), atau lebih memilih terkompresi (High Quality) dengan kelebihan tanpa mengurangi besarnya storage tersisa.
- Klik Network Settings jika ingin mengatur batasan penggunaan bandwidth untuk download dan upload. Ini bermanfaat jika kamu ingin menjaga agar Google Backup & Sync tidak menggunakan seluruh alokasi bandwidth internet dan membuat browsing kamu terganggu.
- Jika sudah klik Next.
- Atur folder apa aja di Google Drive yang ingin kamu sinkronisasikan. Kamu bisa memilih untuk sinkronisasi semua yang ada di Google Drive, atau memilih folder-folder tertentu yang kamu inginkan. Jika sudah, tekan Start untuk memulai backup ke google drive.