Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Perbedaan WordPress.org dan WordPress.com

Pada posting sebelumnya pti pernah membahas dasar menggunakan wordpress, kali ini akan membahas perbedaan WordPress.org dan WordPress.com.

Tampilan Web WordPress org
Tampilan Web WordPress org

WordPress.org merupakan salah satu CMS ( Content Management System ) bersifat open source yang digunakan untuk membuat website. Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan.

Sedangkan WordPress.com adalah layanan blogging dan situs web yang dimiliki oleh perusahaan bernama Automattic. WordPress.com menggunakan perangkat lunak open source WordPress.org. WordPress.com lebih mudah digunakan oleh pengguna baru karena tidak perlu susah-susah mengkonfigurasinya / memasangnya, tinggal daftar dan langsung menggunakannya.

Perbedaannya lebih jelasnya :

WordPress.com WordPress.org
Harga Gratis (tapi ada batasan) Gratis (Penuh)
Hosting Gratis (disediakan wordpress.com) Bayar (Disediakan sendiri)
Penyimpanan Gratis (untuk 3 GB) Unlimited (tergantung hosting)
Theme Bawaan wordpress.com Bebas (Bisa dicari sendiri sesuai kebutuhan)
Plugin Bawaan wordpress.com Bebas (Bisa dicari sendiri sesuai kebutuhan)
Domain Bawaan wordpress.com atau bisa menggunakan domain sendiri tapi akan dikenai biaya tertentu Bebas (menggunakan domain sendiri atau domain TLD)

Perbedaan terbesar dari wordpress yaitu kontrol terhadap website, baik WordPress.org maupun WordPress.com sama-sama gratis dan bisa digunakan oleh siapapun.

Jika menggunakan WordPress.com, maka hostingnya juga akan mengikuti WordPress.com, dimana domain Anda nantinya akan menjadi namadomain.wordpress.com (ada embel-embel wordpress.com nya), atau ditaruh sebagai subdomain. Jika Anda ingin merubahnya menjadi namadomain.com saja, maka akan dikenai biaya tertentu.

Tampilan Web WordPress com
Tampilan Web WordPress com

 

 

Comments are closed.