Membuat Artikel ( posting )

Membuat Artikel ( posting )

Membuat Audio Playlist

Di wordpress update terbaru, wordpress menambahkan audio playlist pada core-nya untuk menyimpan audio/musik yang berhubungan dengan artikel. Sama seperti sebelumnya anda harus upload audio, lalu pilih audio yang ingin di masukan kedalam post, lalu klik Create a new playlist. Tapi jika ingin mengupload audio berukuran besar sebaiknya anda meningkatkan php limit upload karena biasanya webhosting mempunyai limit sekitar 8 MB.

Create Audio Playlist
Create Audio Playlist

Jika memasukan 1 file maka akan muncul seperti ini:

Audio 1
1 File Audio

Dan jika lebih dari satu file maka akan dibuatkan sebuah playlist seperti dibawah ini:

Audio

Membuat Video Playlist

Selain audio playlist wordpress juga menambahkan video playlist pada core-nya untuk menyimpan video, caranya sama seperti membuat playlist audio dengan mengupload video kedalam media dan memasukannya ke dalam post.

Video Playlist
Tampilan Video playlist
video playlist
Tampilan Video Playlist (Video lebih dari satu)

Menambahkan Kategori

category

Artikel akan lebih bagus jika ditambahkan kategori. Jika kategori yang diinginkan belum ada anda harus membuat kategori terlebih dahulu. Untuk membuat kategori klik Add New Category pada menu navigasi disebelah kanan dalam bagian Categories. Maka akan muncul kolom input untuk membuat kategori Isi kolom dengan kategori yang diinginkan contoh Teknologi. Setelah selesai klik pada tombol Add New Category yang paling bawah. Kategori baru telah ditambahkan Untuk memilih kategori anda hanya perlu mencentang kategori yang dinginkan.

category

Mengatur Waktu Posting dan Mempublish

Publish Post
Publish Post

Pada wordpress kalian juga dapat mengatur waktu penerbitan artikel. Misalnya kalian ingin menerbitkan artikel yang selesai dibuat untuk esok hari mudah saja. Pada menu navigasi disebelah kanan pada bagian Publish pilih edit pada publish immediately. Tentukan waktu penerbitan yang diingankan.

Setelah selesai menulis artikel anda dapat menerbitkan artikel di website dengan cara mengklik tombol Publish. Adapun tombol-tombol lainya yaitu:

  • Save Draft = Menyimpan artikel sebagai draft
  • Preview = Menampilkan ( pratinjau ) artikel pada website
  • Move to Trash = Menghapus artikel

Melihat Semua Artikel

Untuk melihat semua artikel anda bisa mengklik pada menu Posts -> All posts di navigasi sebelah kiri. Adapun keterangan – keterangan saat melihat artikel yaitu

  • All = Jumlah semua artikel termasuk yang berada pada draft
  • Published = Jumlah artikel yang telah diterbitkan
  • Drafts = Jumlah artikel yang berada pada draft
  • Trash = Jumlah artikel yang telah dihapus

Sumber: IDCloudHost

Comments are closed.