Desktop APU Terbaru dari AMD, AMD Richland: Elite Series

Pada tanggal 5 juni 2013 AMD secara resmi merilis Dekstop APU terbaru yaitu : 2013 Elite A-Series APU dengan codename “Richland” pada acara Computex Taipei 2013 di Taipei, Taiwan. APU seri terbaru ini memberikan solusi PC yang superior dengan peningkatan performa komputasi, discrete-level grafis dan infratruktur yang mudah untuk di upgrade.

“AMD A-Series APU yang baru ini ideal untuk para perakit PC Desktop dan mainstreams gamers yang menginginkan kinerja yg luar biasa untuk uang mereka, dan hari ini AMD memberikan pengembangan terbaru yang sangat luar biasa dari lineup mobile yang baru-baru ini diumumkan”, Bernd Lienhard, corporate vice president and general manager, Client Products Division di AMD. “Kombinasi dari high-performance, generasi ketiga desktop APU dengan portfolio kami sekarang yg berupa low-power, mobile APU menghasilkan produk lineup terkuat untuk customer dan partner teknologi kami”

Sejak diperkenalkan pada tahun 2011, APU dengan cepat menjadi kategori prosesor dengan perkembangan tercepat untuk AMD, digunakan dalam Microsoft Xbox One dan Sony PlayStation 4 sampai generasi terbaru dari notebook, tablet, desktop PC, low-power server dan embedded devices. AMD meningkatkan kepemimpinannya dalam kategori ini dengan memperkenalkan 2013 Elite A-Series APU untuk desktop PC. Seri ini menggabungkan arsitektur AMD “Piledriver” CPU dengan grafis AMD Radeon seri HD 8000 pada infrastruktur motherboard FM2. Kemampuan untuk mendukung platform yang ada saat ini seperti A85X,A75 dan A55 begitu juga untuk kedepannya kompatibel dengan motherboard FM2+, hal ini memungkinkan pengguna untuk membeli sekarang dengan fleksibilitas untuk mengupgrade ketika platform baru keluar dipasaran. Sebagai tambahan, APU memiliki clock speed maksimum melebihi 4 GHZ untuk kebutuhan beban kerja komputasi generasi mendatang.

Berikut adalah spesifikasi dan kisaran harga dari 5 APU terbaru AMD Elite Series:

AMD 2013 Elite APU

Untuk yang penasaran bagaimana performanya dalam bermain game, berikut adalah hasil benchmark yang dilakukan oleh AMD:

AMD-A10-6800K-benchmark

Sumber:
– AMD Extends Graphics and Compute Leadership with 2013 Elite A-Series Desktop APUs
– AMD Richland: Elite Series, Desktop APU Tercepat Di Dunia!

Comments are closed.